MAKALAH
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
BERSAING DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI
Disusun Oleh :
Desy Eka
Karlinasari
Dien Masnur Eko
Wibowo
Lilis Kurniawati
PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS ISLAM
MAJAPAHIT
MOJOKERTO
2016
Kata
Pengantar
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan pada kita semua
sehingga penyusun dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dimana makalah ini
membahas tentang Bersaing Dengan Teknologi Informasi
Kami
menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena
itu, kritik dan saran dari banyak pihak sangat kami harapkan untuk menyempurnakan
makalah ini.
Akhirnya,
ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dalam
pembuatan makalah ini, kami harapkan makalah ini dapat bermanfaat dan mampu
menambah wawasan bagi semua orang.
Mojokerto, September
2016
Penyusun
DAFTAR ISI
DAFTAR
ISI
Kata Pengantar...................................................................................
KATA
PENGANTAR
Daftar Isi..........................................................................................................
DAFTAR
ISI
BAB I PENDAHULUAN..................................................................................................
Latar Belakang....................................................................................................................
1.1.Rumusan Masalah.......................................................................................................
1.2.Tujuan Penulisan..........................................................................................................
BAB I PEMBAHASAN I .................................................................................................
2.1.Dasar-Dasar
Keuntungan Strategis...............................................................................
2.2.Penggunaan Teknologi Informasi Yang Strategis........................................................
2.3.Membangun Sebuah Bisnis Yang Berfocus
Pada Pelanggan.....................................
2.4. Merekayasa Ulang Proses Bisnis................................................................................
2.5. Menjadi Sebuah Perusahaan
Yang Cerdas.......................................................
2.6. Menciptakan Sebuah
Perusahaan Virtual.........................................................
2.7. Membangun Sebuah
Perusahaan knowledge-creating......................................
BAB II PENUTUP.............................................................................................................
3.1. Kesimpulan.......................................................................................................
BAB III DAFTAR PUSTAKA........................................................
DAFTAR
PUSTAKA - 1
BAB I
PENDAHULUAN
BAB
I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
1.1 Rumusan Masalah
1.1 Rumusan Masalah
Teknologi Informasi adalah suatu
teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan,
menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan
informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat
waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan
merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini
menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan
satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan
teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara
global.
Teknologi informasi mempunyai
pengaruh yang sangat besar dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat karena
sudah merupakan bagian dari kehidupan masyarakat. Dalam teknologi informasi
seperti ini kemudahan dalam berbagi informasi ataupun mencari informasi
sangatlah penting dapat dilihat dari semakin berkembangnya teknologi internet
dan jaringan. Sekarang ini internet merupakan suatu kebutuhan dalam berbagi
informasi ataupun mencari informasi.
1.2 Tujuan Penulisan
Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui peranan teknologi informasi
untuk keunggulan bersaing perusahaan, untuk mengidentifikasi daya saing
perusahaan yang harus menjadi prioritas perhatian, dan untuk mengetahui
bagaimana strategi dalam perusahaan.
BAB II
PEMBAHASAN I
2.1
Dasar-Dasar Keuntungan Stragis
teknologi tidak lagi menjadi sebuah renungan dalam membentuk strategi bisnis, tetapi penyebab dan pendorong yang sebenarnya
teknologi tidak lagi menjadi sebuah renungan dalam membentuk strategi bisnis, tetapi penyebab dan pendorong yang sebenarnya
-TI STRATEGIS
Penting untuk melihat sistem informasi sebagai lebih dari serangkaian teknologi yang mendukung kegiatan operasi bisnis yang efisien,kolaborasi kelompok kerja dan perusahaan, atau pengambilan keputusan bisnis yang efektif .Teknologi informasi dapat mengubah cara bisnis bersaing.sistem informasi secara strategis yaitu sebagai8 jaringan kompetitif yang penting,sebagai sebuah cara pembaruan organisasi dan sebagai sebuah investasi yang di perlukan dalam teknologi , teknologi membantu perusahaan mengadopsi strategi dan proses bisnis yang memungkinnya untuk merekayasa ulang dan menciptakan ulang agar dapat bertahan dan berhasil dalam lingkungan bisnis yang dinamis saat ini
Penting untuk melihat sistem informasi sebagai lebih dari serangkaian teknologi yang mendukung kegiatan operasi bisnis yang efisien,kolaborasi kelompok kerja dan perusahaan, atau pengambilan keputusan bisnis yang efektif .Teknologi informasi dapat mengubah cara bisnis bersaing.sistem informasi secara strategis yaitu sebagai8 jaringan kompetitif yang penting,sebagai sebuah cara pembaruan organisasi dan sebagai sebuah investasi yang di perlukan dalam teknologi , teknologi membantu perusahaan mengadopsi strategi dan proses bisnis yang memungkinnya untuk merekayasa ulang dan menciptakan ulang agar dapat bertahan dan berhasil dalam lingkungan bisnis yang dinamis saat ini
-KONSEP STRATEGIS KOMPETITIF
Peranan utama dari penerapan sistem informasi dalam bisnis adalah yang menyediakan dukungan yang efektif dari strategi perusahaan untuk memperoleh keuntungan kompetitif. Peranan strategi dari sistem informasi ini melibatkan penggunaan teknologi informasi untuk mengembangkan produk, layanan, dan kemampuan yang memberikan keuntungan bagi sebuah perusahaan terhadap kekuatan kompetitif yang dihadapinya dalam pasar global. Strategi utama manapun akan di anggap berguna untuk kekuatan kompetitif yang umum manapun. Walaupun jarang dan tidak mungkin bahwa sebuah perusahaan akan menggunakan semua strategi secara bersamaan, masing-masing memiliki nilai dalam kondisi tertentu
-KEKUATAN DAN STRATEGI KOMPETITIF
Penting dalam memahami kekuatan kompetisi dan berbagai strategi kompetitif yang di terapkan untuk menyeimbangkan mereka. Sebuah perusaan mampubertahan dan berhasil dalam jangka panjang hanya jika perusahaan tersebut berhasil mengembangkan strategi untuk menghadapi lima kekuatan kompetitif yang membentuk struktur kompetisi dalam industrinya. Dalam model kompetisi klasik dalam Mikhael Porter, yaitu bisnis manapun yang ingin untuk dapat bertahan dan berhasil harus secara efetif mengembangkan dan menerapkan strategi untuk menghadapi
1. Rivalitas pesaing dalam industrinya
2. Ancaman dari pemain baru dalam sebuah
industri dan pasar-pasarnya Peranan utama dari penerapan sistem informasi dalam bisnis adalah yang menyediakan dukungan yang efektif dari strategi perusahaan untuk memperoleh keuntungan kompetitif. Peranan strategi dari sistem informasi ini melibatkan penggunaan teknologi informasi untuk mengembangkan produk, layanan, dan kemampuan yang memberikan keuntungan bagi sebuah perusahaan terhadap kekuatan kompetitif yang dihadapinya dalam pasar global. Strategi utama manapun akan di anggap berguna untuk kekuatan kompetitif yang umum manapun. Walaupun jarang dan tidak mungkin bahwa sebuah perusahaan akan menggunakan semua strategi secara bersamaan, masing-masing memiliki nilai dalam kondisi tertentu
-KEKUATAN DAN STRATEGI KOMPETITIF
Penting dalam memahami kekuatan kompetisi dan berbagai strategi kompetitif yang di terapkan untuk menyeimbangkan mereka. Sebuah perusaan mampubertahan dan berhasil dalam jangka panjang hanya jika perusahaan tersebut berhasil mengembangkan strategi untuk menghadapi lima kekuatan kompetitif yang membentuk struktur kompetisi dalam industrinya. Dalam model kompetisi klasik dalam Mikhael Porter, yaitu bisnis manapun yang ingin untuk dapat bertahan dan berhasil harus secara efetif mengembangkan dan menerapkan strategi untuk menghadapi
1. Rivalitas pesaing dalam industrinya
3. Ancaman yang dimiliki oleh produk pengganti yang mungkin dapat mengambil pangsa pasar perusahaan
4. Daya tawar menawar (bergaining power) dari pelanggan
5. Daya tawar-menawar dari pemasok
Menjaga dari ancaman pemain baru juga memerlukan pengeluaran sumber daya
organisasi yang signifikan. Bukan hanya perusahaan perlu untuk bersaing dengan
perusahaan lainnya di pasar , melainkan mereka juga bekerja untuk menciptakan
batasan yang signifikan bagi pemain baru dari pesaingan yang baru. Kekuatan kompetitif
ini selalu sulit untuk di atur, dan bahkan semakin lebih sulit lagi saat ini.
Internet telah menciptakan banyak cara untuk masuk ke dalam pasar dengan cepat
dan dengan biasa yang relatif rendah. Dalam dunia internet, pesaing potensial
terbesar mungkin satu yang tidak berada di pasar ,tetapi bisa muncul dalam
sekejap
2.2.Penggunaan Teknologi Informasi Yang Strategis
Rata-rata perusahaan telah menggunakan menggunakan sistem informasi strategis untuk menerapkan masing-masing dari lima strategi dasar untuk keuntungan kompetitif . terdapat begitu banyak inisiatif strategis bagi perusahaan selain lima stregi dasar, yakni biaya kepemimpinan,diferensiasi,inovasi,pertumbuhan dan aliansi . berikut strategi kompetitif yang biasa di pakai oleh perusahaan
Biaya Rendah
1. Menggunakan Teknologi Informasi(TI) untuk secara substansial mengurangi biaya dari proses bisnis
2. Menggunakan TI untuk mengurangi biaya dari pelanggan atau pemasok
Diferensiasi
1. Mengembangkan fiturTI yang baru masuk mendiferensiasikan produk dan layanan.
2. Menggunakan fitur TI untuk mengurangi keuntungan diferensiasi pesaing
3, Menggunakan fitur TI untuk memfokuskan produk dan layanan pada ceruk pasar yang terpilih
Inovatif
1. Menciptakan produk dan layanan baru yang menyertakan komponen TI
2. Mengembangkan pasar baru yang berbeda atau ceruk pasar baru dengan bantuan TI
3. Membuat kualitas , efisiensi, atau layanan pelanggan (customer service ) atau memperpendek waktu pasar
Mempromosikan Pertumbuhan
1. Menggunakan TI untuk mengatur ekspansi bisnis regional dan global
2. Menggunakan TI untuk mendiversifikasikan dan mengintegrasikan ke dalam produk layanan lain
1. Menggunakan TI untuk mengatur ekspansi bisnis regional dan global
2. Menggunakan TI untuk mendiversifikasikan dan mengintegrasikan ke dalam produk layanan lain
Mengembangkan Aliansi
1. Menggunakan TI untuk menciptakan organisasi virtual dari rekanan bisnis
2. Mengembangkan sistem informasi antar perusahaan yang terhubung melalui internet dan ekstranet yang mendukur hubungan bisnis trategis dengan pelanggan, pemasok, subkontraktor dan lainnya
1. Menggunakan TI untuk menciptakan organisasi virtual dari rekanan bisnis
2. Mengembangkan sistem informasi antar perusahaan yang terhubung melalui internet dan ekstranet yang mendukur hubungan bisnis trategis dengan pelanggan, pemasok, subkontraktor dan lainnya
Investasi dalam teknologi bisa
memungkinkan sebuah bisnis untuk mengunci pelanggan dan pemasok ( dan
menjauhkan pesaing ) dengan membangun hubungan baru yang bernilai dengan mereka
Sebuah penekanan utama dalam sistem informasi strategis adalah mencara cara untuk menciptakan biaya penukaran dalam hubungan antara sebuah perusahaan dan pelanggannya atau pemasoknya
Sebuah penekanan utama dalam sistem informasi strategis adalah mencara cara untuk menciptakan biaya penukaran dalam hubungan antara sebuah perusahaan dan pelanggannya atau pemasoknya
Keuntungan Kompetitif Yang perlu Bersaing
Istilah keuntungan kompetitif sering kali di sebut sebagai perusahaan yang
memimpin sebuah indsutri dengan beberapa cara yang dapat di denifisikan ,
seperti penjualan, pendapatan , atau produk baru .ketika perusahaan
mempertahankan profit yang melebihi rata-rata bagi industri perusahaan
dikatakan memiliki keuntungan kompetitif atas para pesaingnya .dengan kata lain
keuntungan kompetitif adalah mengenai profit atau keuntungan
Dengan kata lain setiap
organisasi mencari cara untuk mendapatkan keuntungan kompetitif dan banyak yang
telah berhasil menggunakan sistem informasi strategis untuk membantu mereka
mendapatkannya . Poin penting untuk di ingat adalah tidak peduli bagaimana hal
tersebut di perloleh , keuntungan kompetitif tidak bertahan selama lamanya
mengikuti pangsa pasar yang semakin lama semakin berkembang
2.3.Membangun Sebuah Bisnis Yang Berfocus Pada Pelanggan
2.3.Membangun Sebuah Bisnis Yang Berfocus Pada Pelanggan
Faktor keberhasilan utama bagi banyak perusahaan adalah memaksimalkan
nilai pelanggan
Bagi banyak perusahaan, nilai bisnis utama dari menjadi sebuah bisnis yang berfokus pada pelanggan berada pada kemampuan untuk membantu mereka menjaga agar pelanggan loyal, mengantisipasi kebutuhan mereka di masa depan, merespon perhatian pelanggan, dan memberikan layanan pelanggan yang berkualitas tinggi . Fokus strategis pada nilai pelanggan ini menyadari bahwa kualitas dari pada harga telah menjadi penentu utama dalam sebuah persepsi pelanggan mengenai nilai . Perusahaan-perusahaan yang secara konsisten menawarkan nilai terbaik dari perspektif pelanggan merupakan mereka yang tetap menyimpan preferensi individu pelanggan mereka . berusaha mengikuti tren pasar pemasok produk layanan dan informasi kapan dan dimanapun dan memberikan layanan pelanggan yang di buat untuk kebutuhan individu pelanggan
Teknologi internet dapat membuat pelanggan menjadi titik perhatian dari manajemen hubungan pelanggan (Customer relationship management_CRM) dan aplikasi bisnis elektronik lainnya . jika digabungkan , sistem CRM dan internet, intranet dan laman situs
Umumnya, pelanggan menggunakan internet untuk menanyakan pertanyaan, mengirimkan keluhan, mengevaluasi produk, meminta dukungan, serta melakukan dan melacak pembelian . menggunakan internet dan intranet perusahaan, spesialis dalam fungsi bisnis di seluruh perusahaan bisa berkontribusi terhadap sebuah respon yang efektif
Bagi banyak perusahaan, nilai bisnis utama dari menjadi sebuah bisnis yang berfokus pada pelanggan berada pada kemampuan untuk membantu mereka menjaga agar pelanggan loyal, mengantisipasi kebutuhan mereka di masa depan, merespon perhatian pelanggan, dan memberikan layanan pelanggan yang berkualitas tinggi . Fokus strategis pada nilai pelanggan ini menyadari bahwa kualitas dari pada harga telah menjadi penentu utama dalam sebuah persepsi pelanggan mengenai nilai . Perusahaan-perusahaan yang secara konsisten menawarkan nilai terbaik dari perspektif pelanggan merupakan mereka yang tetap menyimpan preferensi individu pelanggan mereka . berusaha mengikuti tren pasar pemasok produk layanan dan informasi kapan dan dimanapun dan memberikan layanan pelanggan yang di buat untuk kebutuhan individu pelanggan
Teknologi internet dapat membuat pelanggan menjadi titik perhatian dari manajemen hubungan pelanggan (Customer relationship management_CRM) dan aplikasi bisnis elektronik lainnya . jika digabungkan , sistem CRM dan internet, intranet dan laman situs
Umumnya, pelanggan menggunakan internet untuk menanyakan pertanyaan, mengirimkan keluhan, mengevaluasi produk, meminta dukungan, serta melakukan dan melacak pembelian . menggunakan internet dan intranet perusahaan, spesialis dalam fungsi bisnis di seluruh perusahaan bisa berkontribusi terhadap sebuah respon yang efektif
2.4. Merekayasa
Ulang Proses Bisnis
Perekayasaan ulang merupakan
pemikiran kembali yang mendasar dan mendesainan ulang yang radikal dari proses
bisnis yang mencapai peningkatan yang
dramatis pada biaya, kualitas , kecepatan dan layanan. Bussiness process
reengineering (BPR) menggabungkan sebuah strategi mempromosikan inovasi bisnis
dengan sebuah strategi peningkatan utama dalam proses bisnis . sehingga sebuah
perusahaan bisa menjadi pesaing yang lebih kuat dan lebih berhasil di pasar
Banyak perusahaan menemukan bahwa pendekatan
dengan pendainan ulang merupakan sebuah
faktor penting yang memungkinkan untuk di lakukannya perekayasaan ulang ,
bersama dengan penggunaan teknologi informasi
2.5. Menjadi Sebuah Perusahaan Yang Cerdas
Sebuah lingkungan kompetitif dimana produk dan
layanan pasar massal distandardisasi,berusia panjang, kurang informasi dan di
tukar dalam satu kali transaksi, menjadi sebuah lingkungan dimana perusahaan
bersaing secara global dengan produk dan layanan ceruk pasar yang berada dengan
yang lain, berusaha pendek, kaya akan informasi, dan tukar secara terus menerus
dengan pelanggan
Kemampuan dari sebuah sebuah
perusahaan untuk bisa berhasil dalam pasar global yang dengan cepat
berubah-ubah dan secara berkelanjutan terbagi-bagi untuk produk dan layanan
yang berkualitas tinggi, dengan kinerja yang membuat yang bagus dan
dikonfigurasikan untuk pelanggan . sebuah perusahaan
yang cerdas bisa membuat profit di pasar dengan lini produk yang luas dan
usia yang pendek serta dapat menghasilkan pesanan secara individu dan dalam
ukuran kesatuan yang berubah-ubah
Untuk menjadi sebuah perusahaan yang
cerdas, sebuah bisnis harus menggunakan empat strategi dasar ,
1.
Bisnis
harus memastikan bahwa pelanggan menganggap produk atau layanan dari sebuah
perusahaan yang cerdas sebagai solusi atas permasalahan individual mereka
2.
Sebuah
perusahaan yang cerdas bekerja sama dengan pelanggan, pemasok, perusahaan lain
dan bahkan pesaingnya
3.
Sebuah
perusahaan yang cerdas mengorganisasi, sehingga perusahaan itu bisa melewati
perubahan dan ketidakpastian
4.
Sebuah
perusahaan yang cerdas mempertimbangkan dampak pada orang dan pengetahuan yang
mereka miliki
2.6. Menciptakan Sebuah Perusahaan Virtual
Membentuk sebuah perusahaan vitual
bisa menjadi salah satu penggunaan strategis yang penting dari teknologi
informasi .Sebuah perusahaan virtual (juga disebut dengan organisasi virtual
atau korporasi virtual) merupakan sebuah organisasi yang menggunakan teknologi
informasi untuk menghubungkan orang,organisasi,aset dan gagasan
Bahwa perusahaan virtual umumnya
membentuk kelompok kerja virtual dan aliansi dengan rekan bisnis yang saling
terhubung melalui internet dan ekstranet ,
Perusahaan virtual merupakan cara terbaik untuk menerapkan strategi dan aliansi utama bisnis yang menjanjikan kepastian akan keberhasilan dalam iklim bisnis saat ini yang sedang bergejolak
Perusahaan virtual merupakan cara terbaik untuk menerapkan strategi dan aliansi utama bisnis yang menjanjikan kepastian akan keberhasilan dalam iklim bisnis saat ini yang sedang bergejolak
Strategi Perusahaan Virtual
1. Berbagi infrastruktur dan resiko dengan aliasi
2. Menghubungkan kompetensi inti yang saling melengkapi
3. Mengurangi waktu concept to cash dengan saling berbagi
4. Meningkatkan cakupan fasilitas dan pasar
5. Mendapatkan akses ke pasar dan berbagi pasar atau loyalitas pelanggan
6. Melakukan migrasi dari menjual produk ke menjual solusi
1. Berbagi infrastruktur dan resiko dengan aliasi
2. Menghubungkan kompetensi inti yang saling melengkapi
3. Mengurangi waktu concept to cash dengan saling berbagi
4. Meningkatkan cakupan fasilitas dan pasar
5. Mendapatkan akses ke pasar dan berbagi pasar atau loyalitas pelanggan
6. Melakukan migrasi dari menjual produk ke menjual solusi
2.7. Membangun Sebuah Perusahaan knowledge-creating
Dalam ekonomi dan bisnis yang penuh ketidakpastian
satu-satunya sumber pasti keunggulan kompetitif yang bisa bertahan lama adalah
pengetahuan. Perusahaan dapat mencaai keunggulan kompetitif yang dapat bertahan
lama apabila menjadi perusahaan yang menghasilkan pengetahuan/organisasi
belajar. Ada dua jenis pendekatan pengetahuan. Perama pengetahuan eksplisit
berupa data, dokumen yang bisa disimpan di dalam komputer. dan ke dua yaitu
pengeahuan bagaimana cara melakukan sesuatu yagn ada di dalam diri pekerja.
Dengan Knowledge Management System –KMS perusahaan mengelola pembelajaran organisasional , pengetahuan yang penting dan cara melakukan bisnis di mana pun dan kapanpun dibutuhkan organisasi. Meliputi proses, prosedur, hak paternm formula oraktik2 terbaik, prediksi dan perbaikan yang disebarkan melalu TI seperti internet dan intranet untuk respon yang lebih cepat.
Dengan Knowledge Management System –KMS perusahaan mengelola pembelajaran organisasional , pengetahuan yang penting dan cara melakukan bisnis di mana pun dan kapanpun dibutuhkan organisasi. Meliputi proses, prosedur, hak paternm formula oraktik2 terbaik, prediksi dan perbaikan yang disebarkan melalu TI seperti internet dan intranet untuk respon yang lebih cepat.
BAB III
PENUTUP
4.1. KESIMPULAN
Bersaing dengan teknologi
informasi banyak potensi yang dapat dikembangkan oleh organisasi untuk meraih
keunggulan dalam bersaing. Potensi dasar yang dimiliki oleh suatu sistem
informasi antara lain meliputi: kemampuan melaksanakan perhitungan dengan cepat,
teliti dan andal; kemampuan menyimpan dan mengolah data dalam jumlah yang
besar; kemampuan melakukan komunikasi data dan informasi dari jarak jauh; kemampuan
bekerja dengan self-controlled (otomatis). Sistem informasi sangat berguna
untuk memberikan informasi tentang segala sesuatu yang harus diketahui,
sehingga dengan bantuan sistem informasi manajemen organisasi dapat
mengembangkan inovasi untuk meningkatkan kekuatannya. Sistem informasi dapat
pula dipergunakan manajemen organisasi untuk merekam informasi mengenai situasi
lingkungan bisnis dimana dia berada, baik informasi tentang konsumen,
masyarakat, kebijakan-kebijakan pemerintah, situasi pesaing dan lain-lain. Melalui
potensi aktiva yang dimilikinya, serta didukung oleh sistem informasi yang baik
manajemen dapat mengembangkan inovasi-inovasinya untuk mencapai posisi keunggulan
bersaing. Dengan demikian diharapkan target optimal organisasi dapat dicapai,
dan dengan sikap yang adaptif eksploratif organisasi selalu berhasil mempunyai
nilai tambah dibanding pesaing-pesaingnya dengan cara menjadi pelopor dalam
berbagai aspek.
.
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR
PUSTAKA
Buku
Sistem Informasi Manajemen, Edisi 9, Penerbit Salemba Empat.
Bagus gan fotonya :V
BalasHapusCot lo . yang di minta saran kritik komentar makalah . malah liat foto -_-
HapusMenurutku kurang desain aj sih biar lebih menarik lg dims :)
BalasHapustp dah lumayan bagus lah :D
Oke makasih fit saran dan kritiknya
Hapussudah bagus dimz, iya kurang menarik sedikit dimz :)
BalasHapusMakasih des saran kritiknya . next time ku buat lebih menarik lg
HapusBagus fontnya broo
BalasHapusSini mike ke jawa timur . gw tendang balik ke medan lagi
HapusBagus fontnya broo
BalasHapusGood 👍
BalasHapusThanks
HapusGood :)
BalasHapusGood :)
BalasHapus